Friday, September 29, 2023

MADING SEKOLAH “G30S PKI”

 Mading sekolah pada tanggal 18 September 2023 bertema kan "G30S PKI"

    PKI merupakan salah satu partai tertua dan terbesar di Indonesia. Partai ini mengakomodir kalangan intelektual, buruh, hingga petani. Pada pemilu tahun 1955, PKI berhasil meraih 16,4 persen suara dan menempati posisi keempat di bawah PNI, Masyumi, dan NU.
    Sejarah berdirinya PKI tak lepas dari Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV), partai kecil berhaluan kiri yang didirikan oleh tokoh Sosialis Belanda, Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet atau dikenal dengan Henk Sneevliet.

                   Peristiwa G30S PKI terjadi pada tahun 1965 dan dimotori oleh Dipa Nusantara Aidit atau DN Aidit, pemimpin terakhir PKI. Menurut Arnold C. Brackman, DN Aidit mendukung konsep Khrushchev, yakni "If everything depends on the communist, we would follow the peaceful way (bila segalanya bergantung pada komunis, kita harus mengikuti dengan cara perdamaian)." G30S PKI terjadi pada malam hingga dini hari, tepat pada akhir tanggal 30 September dan masuk 1 Oktober 1965. Gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh PKI mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi arget langsung dibunuh di kediamannya. Sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya. Berikut merupakan madding kelas 7.3, 8.3 dan 9.3 dengan tema G30S PKI


Berikut mading dari kelas 7.3, 8.3, dan 9.3

7.3

    Mading kelas 7.3 membuat informasi mengenai pemberontakan G30S PKI yang dilakukan oleh PKI mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia yang terjadi selama satu malam  pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 1965 yang mengakibatkan gugurnya enam jenderal serta satu orang perwira pertama militer Indonesia dan jenazahnya dimasukkan ke dalam lubang sumur Lubang Buaya.

8.3

        Mading kelas 8.3 membuat informasi mengenai bagaimana terjadinya G30S PKI pada tanggal 30 September pada malam hari sampai 0ktober tanggal 1 tahun 1965, Juga menginformasikan tentang latar belakang G30S PKI,kronologi G30S PKI, juga tentang sumur Lubang Buaya tempat pembuangan jenazah korban G30S PKI,dan pada tanggal 03 Oktober 1965 korban G30S PKI akhirnya di temukan di Lubang Buaya.

9.3

    Mading kelas 9.3 membuat informasi Mengenai pemberontakan G30S PKI yang dipimpin oleh; Syam Kamaruzzaman,Letkol Untung Syamsuri,Dn Aidit,Muso,Amir Syarifuddin. Mading ini juga memberikan informasi mengenai para pahlawan revolusi yaitu; Jenderal TNI Ahmad Yani, Mayor Jenderal Siwondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Pandjaitan, Mayjen M.T Haryono, Mayjen R. Suprapto, Mayjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, dan Kapten Czi. Pierre Tendean.



Ket Penulis : Siswa - Siswi kelas 8.11








No comments:

Post a Comment