Sunday, September 17, 2023

Mading Sekolah "GO GREEN"

  Mading (Majalah Dinding) sekolah merupakan sebuah media untuk memberikan informasi kepada siswa, maupun guru. Mading dapat menambah kemampuan kreativitas siswa, mengembangkan keterampilan menulis siswa dan juga dapat menambah wawasan siswa mengenai suatu peristiwa. Mading pada prosesnya tidak hanya menjadi tempat belajar menulis, tetapi juga berorganisasi yang baik bagi para siswa. Dalam tim mading, siswa akan belajar membuat program, disiplin waktu, dan juga kerja sama. Mading dapat menjadi media yang efektif dalam pendidikan karakter.

Mading menjadi kegiatan rutin per minggu siswa SMP Negeri 1 Sepatan. Setiap minggu mading dibuat oleh 3 kelas dengan tema yang berbeda-beda setiap minggunya. Pada hari Senin, 28 Agustus peserta didik mendapat jadwal pembuatan mading dengan tema “Go Green”

Go Green merupakan suatu aksi yang dilakukan manusia untuk menjaga bumi agar tetap sehat. Go Green dapat disebut dengan wujud kesadaran manusia terhadap lingkungan. Langkah yang dapat diterapkan untuk melaksanakan go green yaitu : 1) tidak membuang sampah sembarangan, 2) menggunakan air bersih seperlunya, 3) menghemat pemakaian listrik, 4) memilah sampah yang dapat digunakan kembali, 5) mulailah untuk menanam pohon, 6) mengurangi penggunaan kendaraan yang menyebabkan polusi. Manfaat go green yaitu untuk menjadikan bumi lebih indah dan nyaman, mengurangi dampak global warming, dan juga dapat mengurangi polusi.

Berikut merupakan mading kelas 7.1 8.1 dan 9.1 dengan tema "go green"

7.1

    Mading kelas 7.1 memuat informasi mengenai kebersihan lingkungan. Di dalamnya dampak pencemaran udara untuk kesehatan, dan cara menjaga kesehatan dengan tidak merokok. 


8.1
        Mading kelas 8.1 memuat informasi mengenai kebersihan lingkungan. Di dalamnya terdapat cara pemilahan membuang sampah, yaitu sampah organik, anorganik, dan daur ulang. Terdapat ajakan untuk melindungi bumi kita dengan cara kurangi penggunaan sampah plastik.

9.1
        Mading kelas 9.1 memuat informasi mengenai kebersihan lingkungan. Di dalamnya terdapat ajakan untuk menanam pohon, mengurangi penggunaan plastik, tidak berlebihan dalam penggunaan air, dan ajakan untuk mencintai bumi kita. 


 

 

No comments:

Post a Comment