Monday, October 23, 2023

Kegiatan Sekolah

 Pada tanggal 2 Oktober 2023 di peringati sebagai Hari Batik Nasional. 

    Dalam memperingati Hari Batik Nasional, SMP Negeri 1 Sepatan memeriahkan dengan memakai batik Baik siswa maupun guru dan staff TU. Batik yang digunakan memiliki corak dan ciri khas yang berbeda-beda, hal ini mencerminkan bahwa batik memiliki seni yang banyak dan memerlukan kreativitas yang tinggi untuk membuatnya sehingga Batik dapat menarik perhatian masyarakat lokal maupun luar negeri untuk mengenakan nya. Pada saat perayaan hari Batik di SMPN 1 Sepatan guru-guru memiliki ide untuk memperlombakan batik yang dikenakan siswa-siswi. Setiap kelas mengirimkan perwakilan siswa dan siswi untuk melakukan fashion show mengenakan batik yang dikenakan pada hari tersebut. Pada saat perayaan hari batik, kepala sekolah smpn 1 sepatan juga memberikan apresiasi kepada 3 siswa yang mengenakan batik dengan corak dan model yang unik dan memberikan hadiah kepada ketiga siswa tersebut.

    Tujuan dari memperingati hari batik yaitu dapat menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap kebudayaan Indonesia, melestarikan batik sebagai budaya Indonesia, dan menghargai warisan nenek moyang Indonesia sebagai budaya yang sangat bernilai.




.....................................................................................................................................................................

    Pada hari Kamis, 5 Oktober 2023. Di SMPN 1 Sepatan terdapat kegiatan rutin yaitu kegiatan literasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 40 menit sebelum dimulainya pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di lapangan, siswa diminta untuk membaca buku yang mereka bawa, kemudian guru memanggil secara random siswa maupun siswi untuk menjelaskan tentang buku yang telah dibaca dan menjelaskan pelajaran yang dapat diambil dari buku tersebut di depan seluruh siswa. 

    Tujuan dari kegiatan literasi di sekolah adalah membentuk budaya literasi sekolah, dapat menjadi wadah untuk menumbuhkan strategi membaca. Manfaat dari kegiatan literasi yaitu mengasah daya ingat siswa melalui membaca dan meningkatkan kreativitas siswa siswi dalam menulis dan menyusun kata kata












No comments:

Post a Comment