Friday, October 27, 2023

Mading Sekolah "KESEHATAN"

     Kesehatan dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi jiwa raga manusia dan makhluk hidup lainnya yang stabil atau umum. Kesehatan atau sehat merupakan kondisi kesejahteraan fisik, mental, dan juga sosial yang tidak adanya penyakit maupun kelemahan. Dengan semakin berkembangnya teknologi kesehatan dapat memungkinkan setiap orang untuk mempelajari dan menilai diri mereka sendiri. Terdapat beberapa factor sosial yang memiliki pengaruh terhadap indivisu, yaitu kondisi sosial, genetik dan biologi, perawatan kesehatan, dan lingkungan fisik.  

   Berkaitan dengan badan Kesehatan tersebut sering dijuluki sebagai Kesehatan jasmani yaitu jika koordinasi organ organ tubuh manusia atau makhluk hidup lainnya dalam keadaan yang stabil atau normal.  Sementara Kesehatan Rohani merupakan Kesehatan jiwa manusia atau makhluk hidup yang memiliki akal dan pikiran, apabila seorang tersebut memiliki koordinasi pikiran dan hati yang tenang sekaligus nyaman pada saat itu.


Dibawah ini terdapat mading dari kelas 7.7, 8.7, dan 9.7

7.7

    Mading kelas 7.7 berisi tentang definisi sehat atau kesehatan yaitu istilah yang mengacu pada kondisi tubuh manusia, sehat adalah keadaan dimana tubuh bebas dari gangguan atau penyakit baik itu fisik maupun psikis dan kesehatan merupakan suatu hal yang tidak bisa berdiri sendiri, melainkan komponen didalamnya saling mempengaruhi satu sama lain. Terdapat juga beberapa manfaat mengenai air putih bagi kesehatan, adapun ajakan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, serta terdapat juga larangan dan bahaya merokok. Adapun 4 masalah kesehatan remaja Indonesia seperti kurang zat besi (Anemia), kurang tinggi badan (stunting), Kurang energi kronis (Kurus), Dan kegemukan (Obesitas).

8.7

    Mading kelas 8.7 berisi tentang bahaya demam berdarah, mereka menjelaskan bahwa deman berdarah disebabkan oleh virus Dengeu melalui nyamuk Aedes Aegypti yang sering dijumpai di daerah tropis dan meningkat pada musim pancaroba. Adapun gejala-gejala yang dialami penderita demam berdarah seperti, nyeri kepala, demam, diare, muntah, dan lain-lainnya. Adapun pertolongan pertama yang dapat dilakukan ketika gejala tersebut mulai muncul seperti dengan minum air putih, minum obat penurun demam, dan melakukan kompres dengan air hangat. Pencegahan penularan juga dapat dilakukan dengan cara melakukan 3M, tidur dengan kelambu, fogging, dan menggunakan obat nyamuk.


9.7

    Mading kelas 9.7 berisi tentang seperti apa gaya hidup yang sehat, terdapat juga pengertian gaya hidup sehat yaitu merupakan gaya hidup yang menjunjung tinggi aspek kesehatan seperti kebersihan lingkungan, menjaga kebugaran fisik, dll, dan beberapa ciri atau tanda tubuh yang sehat seperti, memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas, bangun tidur pagi dalam keadaan segar, dan memiliki nafsu makan yang baik. Adapun contoh gaya hidup yang sehat. Seperti, mengkonsumsi makanan yang sehat, minum air yang cukup, berolahraga di pagi hari, tidur yang cukup, serta tidak merokok.


Penulis : Siswa Kelas 8.7 dan Kelas 8.6 










No comments:

Post a Comment